Sabtu, 24 Januari 2015


Pemanfaatan Google Docs Sebagai Media Penyimpanan Data/Tulisan (Artikel, Skripsi, Buku,Dll)


Siti Rafi Anggita Sari

0901098

Dijaman yang semakin maju ini, terutama dalam bidang teknologi yang semakin cepat berkembang. Sudah banyak sekali inovasi-inovasi teknologi yang telah dikembangkan oleh orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Salah satu teknologi yang cukup berkembang saat ini yaitu komputer/laptop dan internet. Mungkin kita sering sekali menggunakan komputer/ laptop dan internet untuk membantu kita dalam mengerjakan pekerjaan kantor, menyelesaikan tugas-tugas kuliah, atau mungkin untuk menulis buku. Biasanya seorang penulis ingin sekali hasil tulisannya tersebut dapat lihat oleh orang banyak baik itu berupa artikel dan bahkan dibuat mebjadi sebuah buku. File-file yang kita kerjakan atau hasil tulisan tersebut dapat tersimpan dengan baik didalam komputer/laptop yang sering kita gunakan tetapi jangan salah, disetiap kelebihan alat yang kita gunakan masih saja terdapat kekurangannya seperti file-file yang kita simpan didalam komputer/laptop bisa saja hilang atau terkena virus.

Saat ini dibidang internet sudah ada inovasi terbaru yang dapat membantu kita untuk menyimpan hasil pekerjaan kita atau tulisan yang telah kita kerjakan. Inovasi di bidang internet itu yaitu GOOGLE DOCS.

GOOGLE DOCS merupakan salah atu aplikasi yang dikembangkan oleh Google untuk kebutuhan manajemen dokumen. Khususnya aplikasi office, mulai dari pengolahan kata (word psocessor), pengolahan lembar kerja (spreadsheet) dan persentasi (persentation). Google Docs bukan hanya dapat menyimpan saja tetapi penggunaan google docs bisa digunakan untuk membuat, mengolah menyimpan dan meng-edit dokumen kembali seperti pada saat mengedit pada microsoft office hanya saja secara online.

Awal mula adanya google docs berasal dari dua produk terpisah, Writely dan Google Spreadsheets. Writely adalah web berbasis processor (pengolah kata) yang dibuat oleh perusahaan software Upstartle dan diluncurkan pada Agustus 2005.Spreadsheet, diluncurkan sebagai Google Labs Spreadsheets pada tanggal 6 Juni 2006, berasal dari akuisisi dari produk XL2Web oleh 2Web Technologies . Fitur asli Writely termasuk kolaborasi editing teks dan kontrol akses. Menu, shortcut keyboard, dan kotak dialog sesuai dengan apa yang  diharapan pengguna dengan  pengolah kata desktop seperti Microsoft Word atau OpenOffice.org Writer. Google Docs dapat digunakan (melihat dan mengedit) dalam modus offline menggunakan Google Gears.

Adapun beberapa fitur dasar yang ada pada google docs :

·         Mengedit dan menyimpan file

·         Mengupload file

·         Mengatur hak akses

·         Bekerja secara offline dokumen

·         Mendownload atau mengunduh file

·         Fasilitas see revision histori

·         Translate dokumen

Tidak bisa kita pungkiri disetiap aplikasi-aplikasi atau program-program yang semakin berkembang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh google docs yaitu :

1.    Mudah untuk digunakan

2.    Tidak memerlukan biaya yang banyak (gratis)

3.    Kehilangan data akibat kerusakan hardisk dapat dihindari

4.    Support dan dokumentasi yang cukup lengkap

5.    Menggunakan editor WYSWYG (what you see what you get) yang sederhana untuk memformat dokumen, memeriksa ejaan dll.

6.    Akses pekerjaannya dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

7.    Bekerja diberagam sistem oprasi

8.    Kemudahan mengunggah dan berbagi berkas

9.    Kontrol akses aman ( administrator dapat mengelola izin berbagi berkas diseluruh sistem dan pemilik dokumen dapat berbagi dan mencabut akses kapan saja dan setiap saat)

Selain kelebihan yang dimiliki oleh google docs ini terdapat kekurangannya juga yaitu :

1.       Membutuhkan koneksi internet

2.       Pengerjaannya harus dilakukan secara online terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar